Artikel

Simaan Al-Quran, Pembuka Rangkaian Acara Haul KH Ali Maksum Ke 33

Setiap tahunnya, rangkaian acara Haul almaghfurlah KH Ali Maksum selalu dibuka dengan simaan Al-Quran bil Hifdzi. Pada haul almaghfurlah KH Ali Maksum ke 33 kali ini, simaan dilaksanakan seperti tahun sebelumnya, yaitu dilaksanakan secara internal oleh keluarga dan para santri saja. Meskipun dilaksanakan secara internal saja, masyarakat di luar pondok tetap dapat mengikuti simaan Al-Quran melalui live streaming via channel youtube Krapyak tv

Terdapat enam majelis simaan pada haul ke 33 Almaghfurlah KH Ali Maksum. Diantaranya yaitu Taman Hindun, Mushola Khodidjah, dan Mushola Umi Kultsum untuk majlis simaan putri. Sedangkan majlis simaan putra dilaksanakan di Aula sakan, Aula Asrama MTs Putra dan Aula Gedung Kembar.  Para qori’ pada simaan kali ini berasal dari ahlen, asatidz dan santri Pondok Pesantren Krapyak. Sedangkan mustami’ (penyimak) berasal dari santri, guru-guru madrasah di lingkungan pondok pesantren dan masyarakat luar pondok pesantren yang menyimak via live streaming.

Simaan Alquran dalam rangka haul al maghfurlah KH Ali Maksum ke 33 dimulai pada Senin (13/12) dengan dibuka oleh Ibu Ny Hj Durroh Nafisah dan Ibu Nyai Hj Luthfiyyah. Majlis simaan ditutup dengan doa khotmil Alquran oleh Ibu Ny Hj Durroh Nafisah pada Selasa (14/12).

(Nahikabillah Rabba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *