BeritaHSNKrapyak

Peringati Hari Santri Nasional 2022, Yayasan Ali Maksum Melaksanakan Upacara Bendera

www.krapyak.org – Peringati Hari Santri Nasional 2022, Yayasan Ali Maksum gelar upacara bendera di halaman asrama putra MA Ali Maksum Yogyakarta pada Sabtu (22/10).

Upacara bendera yang dimulai pukul 07.30 diikuti oleh guru, pembimbing, dan segenap civitas akademik serta ribuan santri dari seluruh komplek Yayasan Ali Maksum.

Melalui upacara bendera tersebut, para santri diajak untuk mengenang jasa dan mendoakan para pahlawan khususnya di kalangan ulama dan santri yang berjuang untuk agama, bangsa, dan negara Indonesia.

Hal itu sebagaimana yang disampaikan oleh Fauzan Ridho, Komandan upacara bendera memperingati Hari Santri Nasional pada tahun ini, Ketika ditemui tim media Krapyak.org.

“Makna upacara memperingati hari santri menurut saya yaitu untuk mengenang jasa para pahlawan khususnya pahlawan di kalangan ulama dan santri. Karena para pahlawan telah mewakili resolusi jihad yang merupakan cikal bakal 10 November yang menjadi awal pertempuran di Surabaya dalam mengusir Belanda. Peran santri dan ulama sangat kental dalam mempertahankan nasionalisme dan eksistensi merah putih” Komentar Fauzan.

“Di tempat yang mubarokah ini kita berkumpul untuk melaksanakan upacara hari raya-nya santri. Marilah kembali ke asal-usul niat kita semua untuk kemudian memantapkan dan merapihkan niat-niat kita di jalan keagamaan. Marilah memajukan pendidikan pesantren sehingga menjadi lebih baik lagi, lebih maju lagi, dan lebih lugas lagi di dalam karakter identitasnya untuk menuju generasi masa kini yang tegap menghadap ke muka menghadapi masa mendatang” Begitu kiranya amanat yang disampaikan oleh inspektur upacara bendera, K.H. Afif Muhammad, M.A., selaku ketua Yayasan Ali Maksum untuk para santri.

Upacara bendera dalam peringatan Hari Santri Nasional 2022 yang ditutup dengan do’a oleh Nyai Hj. Durro Nafisah Ali tersebut kemudian dibubarkan pada pukul 09.00 dan dilanjutkan dengan pengumuman santri berprestasi, pengenalan pengurus pusat Yayasan Ali Maksum, dan berbagai penampilan oleh siswa-siswi MTs-MA Ali Maksum.

 

 

 

 

 

Pewarta : Qonita Kh

Editor : Meyreza Ds

Fotografer : Galih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *