Berita

Malam Puncak Haul Al Maghfurlah KH. Ali Maksum ke-32 dan 40 Hari Wafatnya Ibu Nyai Hj. Hanifah Ali Maksum

Haul KH. Ali Maksum ke-32 tahun 2020 ini harus dilaksanakan secara virtual akibat adanya pandemi Covid-19. Majelis haul dilaksanakan pada 23 Desember 2020 setelah sebelumnya diadakan simaan Al-Qur’an di berbagai komplek di Pondok Pesantren Krapyak.  Simaan Al-Qur’an digelar secara terbatas dan disiarkan melalui zoom serta live streaming youtube sehingga santri dan alumni dapat ikut menyimak di berbagai tempat.

Majelis Haul digelar secara tertutup, hanya dihadiri oleh keluarga dan beberapa tamu sekaligus pengisi acara. Acara puncak Haul KH. Ali Maksum ke-32 diawali dengan pembacaan asmaul husna oleh santri Komplek BETA, Pondok Pesantren Krapyak, Yayasan Ali Maksum; Sylviana, Fina, Annisa Zahra, dan Kanza.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an serta Sholawat Badar oleh H. Ujang Syihabuddin, S. Ag., M. Si., ketua Jam’iyatul Qurra’ wal Huffadz Nahdlatul Ulama DIY (PW JQH NU DIY). Acara selanjutnya yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selepas menyanyikan lagu Indonesia Raya, KH. Atabik Ali memberikan sambutan mewakili keluarga besar KH. Ali Maksum.

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada para pembicara yang telah berkenan mengisi acara serta para tamu undangan yang telah hadir. Beliau juga menyampaikan permintaan maaf sebab acara dihelat secara virtual sekaligus memohon doa untuk KH. Rifqi Ali dan Nyai Hj. Hanifah Ali yang telah mendahului.

Acara diteruskan dengan tahlil yang dipimpin oleh Dr. KH. Abdul Ghofur Maimoen, Pengasuh STAI Al-Anwar yang disambung dengan Doa Khotmil Qur’an oleh Nyai Nj. Durroh Nafisah Ali. Sambutan pada acara haul ke-32 disampaikan oleh KH. Miftachul Akhyar, Rais ‘Amm PBNU dan Ketua Umum MUI, secara virtual.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa acara haul merefleksikan kembali bahwa kita telah kehilangan banyak ulama yang menjadi pendoman, khususnya dalam bidang keagamaan. Sambutan beliau tutup dengan doa semoga dengan diadakaannya Haul KH. Ali Maksum dapat menambah ketaqwaan, memberikan semangat dalam menuntut ilmu, dan melahirkan generasi penerus yang melanjutkan perjuangan ulama-ulama terdahulu.

Majelis haul kemudian diisi dengan tausiyah oleh KH. Abdul Ghofur Maimoen (Pengasuh STAI Al-Anwar), Agus Maftuh Abegebriel, M. Ag. (Dubes RI untuk Arab Saudi) secara virtual, dan KH. Baha’uddin Nursalim (Pengasuh PP. Tahfidzul Qur’an LP2IA, Narukan) yang hadir secara langsung.

(Yasmeen Mumtaz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *