Mengenal Sang Guru Sejati: Simbah Ma’shum Ahmad Lasem

KRAPYAK.org – Allahuyarham Mbah Ma’shum Ahmad adalah sosok ulama pecinta ilmu, dzikir dan sholawat, dan tokoh guru sejati. Beliau lahir sekitar tahun 1870 M dengan nama asli Muhammadun. Ayahanda Mbah Ma’shum bernama KH. Ahmad bin Abdul Karim, merupakan seorang ulama dan juga saudagar, ibunda beliau bernama Nyai Qosimah. Dari jalur ayah, nasab beliau bersambung sampai ke Sultan Mahmud al-Minangkabawi yang makamnya di Jejeruk Bonang, Lasem. Garis nasab beliau keatas juga bersambung sampai ke sunan Giri—salah satu walisongo—dan berlanjut sampai ke Rasulullah ﷺ. Mbah Ma’shum memiliki dua saudara kandung, yang bernama Nyai Zainab dan Nyai Malichah.

Sejak belia Mbah Ma’shum dididik oleh ayahanda beliau, kyai Ahmad untuk cinta kepada ilmu. Demi mendalami ilmu agama, Mbah Ma’shum muda dikirim ayahanda beliau untuk nyantri dan mengaji ke beberapa pesantren. Dalam beberapa manaqib dikatakan, bukti kesungguhan dan kecintaan Mbah Ma’shum pada ilmu, beliau berguru kepada para ulama yang jumlahnya kurang lebih 50 ulama, dengan masa belajar yang relatif singkat pada masing-masing ulama tersebut.

Di antara guru-guru beliau, adalah Kyai Nawawi Jepara, Kyai Ridhwan Semarang, Kyai Umar Harun Sarang, Kyai Abdussalam Kajen, Kyai Idris Jamsaren Solo, Kyai Sholeh Umar Semarang atau yang lebih dikenal dengan panggilan Kyai Sholeh Darat, Kyai Kholil Bangkalan, dan kyai-kyai besar lainnya. Saat berada di tanah suci Makkah al-Mukarramah, Mbah Ma’shum juga mengaji dan beristifadah kepada Syekh Mahfudz al-Turmusi dan Syekh Dimyati al-Turmusi. Nasab kelimuan Mbah Ma’shum bersambung sampai Sayyid Ahmad Zaini Dahlan—syaikhu masyayikh (guru para guru) dan tali simpul sanad keilmuan para ulama nusantara—melalui jalur Syekh Kholil Bangkalan, yang berguru kepada Syekh Nawawi al-Bantani, yang berguru kepada Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, Makkah.

Diceritakan sebelum Mbah Ma’shum berangkat mengaji ke Bangkalan, Kyai Kholil (Mbah Kholil Bangkalan) tiba-tiba memerintahkan santrinya untuk membuat ‘Kandang Jago’ (kurungan ayam). Dawuh (perintah) Mbah Kholil kepada santri beliau, “Tolong aku dibuatkan kandang jago. Besok akan ada ayam jago datang dari tanah Jawa”. Tidak berselang lama tibalah Mbah Ma’shum di Bangkalan Madura, saat itu beliau masih berusia 20 tahun. Kemudian Mbah Kholil langsung memberi perintah kepada Mbah Ma’shum untuk masuk ke kandang jago tersebut.

Selama di Bangkalan Mbah Ma’shum diminta oleh Mbah Kholil untuk mengajar kitab Alfiyyah selama 40 hari. Anehnya pengajaran tersebut disampaikan oleh Mbah Ma’shum dari dalam kamar tanpa penerangan, sedang santri-santri beliau berada di luar. Mbah Ma’shum menimba ilmu di Bangkalan hanya selama 3 bulan saja. Pada saat beliau boyongan dan pamit kepada Mbah Kholil, beliau didoakan dengan doa Sapujagad. Setelah beliau beranjak dari ndalem Mbah Kholil beberapa meter, Mbah Ma’shum ditimbali (dipanggil) kembali oleh Mbah Kholil untuk didoakan dengan doa yang sama. Hal ini terus dilakukan berulang-ulang sebanyak 17 kali.

Setelah melewati masa pengembaraan ilmu, Mbah Ma’shum menikah dengan Nyai Hj. Nuriyyah binti KH. Zainudin. Dari pernikahan tersebut, beliau berdua dikaruniai putra-putri, Pertama; KH. ‘Ali Ma’shum Krapyak yang kelak menjadi pengasuh Pondok Pesantren Krapyak, Yogyakarta, dan menjadi Ra’is ‘Aam NU ke-4, Kedua; Nyai Hj. Fathimah Ma’shum, Ketiga; KH. Ahmad Syakir Ma’shum, Keempat; Nyai Hj. Azizah Ma’shum, Kelima; Nyai Hj. Hamnah Ma’shum.

Pada masa kehidupan awal berumah tangga, Mbah Ma’shum sempat berdagang di berbagai kota, salah satunya Jombang. Dengan menggunakan sepeda onthel, Mbah Ma’shum menyusuri jarak Lasem-Jombang sejauh puluhan kilo meter. Sembari berjualan Mbah Ma’shum juga aktif mengajar umat, dan rutin berkunjung ke Tebuireng untuk mengikuti forum musyawarah, beliau bertugas sebagai katib, dan KH. Hasyim Asy’ari (yang masyhur dengan Mbah Hasyim Asy’ari) sebagai pimpinan forum tersebut. Meskipun secara usia Mbah Ma’shum masih lebih sepuh dari Mbah Hasyim Asy’ari, Mbah Ma’shum tetap menganggap Mbah Hasyim Asy’ari sebagai guru beliau dalam bidang keilmuan Hadits. Ahwal, sikap tersebut adalah bentuk ketawadluan dan kerendahan hati beliau yang senantiasa menjaga tradisi keilmuan para ulama.

Pada suatu waktu, Mbah Ma’shum beberapa kali bermimpi bertemu dengan Rasulullah ﷺ, saat itu Rasulullah ﷺ memberikan wasiat agar beliau menyudahi aktifitas berjualan untuk fokus mengajar umat. Pesan wasiat yang disampaikan Rasulullah kepada Mbah Ma’shum yaitu; Laa khayra illa fi nasyr al-ilmi (Tiada kebaikan kecuali menyebarkan ilmu),  dan berpesan untuk mengajar umat, niscaya segala kebutuhan Mbah Ma’shum akan dipenuhi oleh Allah ﷻ. Kemudian Mbah Ma’shum meminta pendapat atas mimpi tersebut kepada Mbah Hasyim Asy’ari, dan beliau mengatakan bahwa mimpi itu sudah jelas dan tidak perlu ditafsiri lagi. Kejadian luar biasa tersebut menjadi titik balik bagi Mbah Ma’shum untuk menjadi ulama, pengajar bagi umat muslim. Lalu Mbah Ma’shum mendirikan pondok pesantren al-Hidayat Lasem pada tahun 1918 yang didahului dengan membangun Langgar pada tahun 1916. Mbah Ma’shum sering menjalankan rutinitas ziarah para wali. Diantaranya makam Habib Ahmad  bin Abdillah bin Tholib al-Atthas, Sapuro, Pekalongan dan makam Mbah Jejeruk (Sultan Mahmud) di Binangun, Lasem.

Semasa hidup, Mbah Ma’shum sangat aktif dalam mengajar dan mendidik santri-santri beliau di pondok pesantren. Beliau mengajar al-Qur’an, dan berbagai kitab mu’tabarah seperti: Fathul Qarib, Fathul Wahhab, Alfiyyah, Riyadlus Shalihin, Kifayatul Akhyar, al-Hikam, Ihya’ Ulumiddin, dan kitab-kitab lainnya dengan istiqomah dan disipilin. Diantara ahwal Mbah Ma’shum ketika mengaji suatu kitab, pasti akan mengkhatamkan kitab tersebut dan kembali mempelajari kitab tersebut dari awal. Hal itu dilakukan secara istiqamah dan mudawamah hingga beliau wafat. Mbah Ma’shum banyak melahirkan ulama-ulama besar, seperti KH. Abdul Hamid Pasuruan, KH. Abdullah Faqih Langitan, KH. Bisri Musthofa Rembang, KH. Mustamid Abbas Buntet Cirebon, KH. Subki Masyhadi Pekalongan, dan ulama lainnya.

Sifat mulia yang tampak pada pribadi Mbah Ma’shum adalah jujur, senantiasa menjalin silaturahmi, dan cinta terhadap golongan fakir dan miskin. Bahkan beliau menjadikan kebiasaan menjalin silaturahmi dengan fakir dan miskin sebagai sebuah tarekat. Menurut beliau, “Saya sudah menggunakan tarekat yang langsung dari Nabi Muhammad ﷺ, yaitu Hubb al-Fuqara wa al-Masakin (mencintai kaum fakir dan miskin)”, ketika Mbah Ma’shum ditanya apakah beliau bertarekat atau tidak, beliau menjawab, “iyo, aku yo tarekat cung, tarekat taqrib”.

Kecintaan Mbah Ma’shum terhadap organisasi Nahdlatul ‘Ulama begitu dalam. Beliau selalu mempraktekkan sikap-sikap dasar yang menjadi pegangan Jam’iyyah Nahdlatil ‘Ulama yaitu; sikap tasamuh (toleransi), tawazun (berimbang), i’tidal (adil), dan tawassuth (moderat). Beliau dengan kyai-kyai NU lainnya giat berjuang untuk Jam’iyyah Nahdlatil ‘Ulama, bahkan beliau juga berpesan bahwa beliau tidak ridlo kepada anak turunnya jika tidak mengikuti Nahdlatul ‘Ulama. Hingga akhir hayatnya, Mbah Ma’shum selalu istiqomah dalam mendidik para santri, mengayomi masyarakat, berkhidmah dalam Jam’iyyah Nahdlatil ‘Ulama. Beliau wafat pada hari Jum’at, 20 Oktober 1972 (12 Ramadhan 1392 H) jam 2 siang, setelah shalat Jum’at dan dimakamkan di komplek Masjid Jami’ Lasem berdekatan dengan makam para masyayikh Lasem lainnya.

Pewarta: Gibran Arian

Sumber

Buletin Jum’at Masjid Jami’ Lasem Edisi 302, Jum’at 15 Rabi’ul Awwal 1440 H/ 23 November 2018.

Profil Mbah Ma’shum Lasem, Tokoh Pendiri Nahdlatul Ulama (NU Online) https://www.youtube.com/watch?v=o1n1-brvo0s.

Gus Baha tentang Karomah Waliyullah Mbah Ma’shum Lasem https://www.youtube.com/watch?v=iiYPbOzdlK0.

Biografi KH. Ma’shum Lasem, Laduni https://www.laduni.id/post/read/56257/biografi-kh-mashum-lasem.html.

Ulum, Amirul. Nyai Hj. Nuriyah Ma’shoem Lasem Penerus Tarekat Hubbul Fuqara’ wal Masakin. Global Press, Yogyakarta. 2022.

Chaidar, Sayyid. Manaqib Mbah Ma’shoem Lasem. Pondok Mas, Yogyakarta. 2013

Izzati, Afina. Sang Guru Sejati Simbah KH. Ma’shoem Lasem. Mitra Buana Media, Yogyakarta. 2020.

حاشية الترمسي المسماة «المنهل العميم بحاشية المنهج القويم» و«موهبة ذي الفضل على شرح العلامة ابن حجر مقدمة بافضل» تأليف : الإمام العلَّامة الفقيه المدقق محمد محفوظ بن عبد الله الترمسي

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *