BeritaCovid-19Tsanawiyah

Santri Asrama Putra, Semarakkan Hari Santri Nasional 2020 dengan Suka Cita

Memperingati Hari Santri Nasional 2020, santri komplek asrama putra Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum mengadakan berbagai acara untuk meramaikan hari santri tersebut. Berbeda dengan tahun sebelumnya, acara peringatan hari santri pada tahun ini diadakan secara internal di dalam pondok, dikarenakan situasi pandemi yang mengharuskan para santri tetap memperhatikan kesehatan. Kepanitiaan acara Hari Santri Nasional tahun ini dikoordinasikan oleh Tanfidzi dan OSIS dari MTs dan MA Ali Maksum.

Komplek asrama Madrasah Tsanawiyyah Putra mengadakan berbagai macam perlombaan untuk para santri tingkat MTs. Lomba-lomba tersebut di antaranya karung GP, pocong soccer, sarung ajaib, cerdas cermat, liga nahwu shorof. Antusias santri tingkat MTs dalam mengikuti acara tersebut, terlihat ketika lomba pocong soccer, masing masing kelas membentuk kelompok supporter disertai dengan atribut dan lagu untuk mendukung teman-teman sekelasnya yang mengikuti lomba. Antusias santri tidak hanya saat lomba pocong soccer saja. Namun, kemeriahan lomba lainnya juga tidak kalah menarik.

Ramadlani Qudis Mubarrak, selaku Ketua OSIS MTs Ali Maksum dan juga ketua panitia peringatan Hari Santri untuk tingkat MTs mengungkapkan bahwa, Acara-acara ini diadakan untuk melatih kepemimpinan dan tanggung jawab serta inovasi dari teman-teman OSIS. Ramadlani juga mengungkapkan bahwa acara-acara ini diadakan untuk menjalin persaudaraan antar kelas serta agar para santri tidak bosan di pondok. Puncak acara peringatan Hari Santri Nasional 2020 untuk MTs dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Oktober 2020.

Pada peringatan puncak tersebut, KH Nilzam Yahya dalam sambutannya menuturkan kepada semua santri, untuk selalu semangat dan bangga menjadi santri. Beliau juga menceritakan bagaimana sejarah hari santri dan juga peran santri dalam mendirikan NKRI. Acara puncak ini juga dimeriahkan oleh penampilan pentas seni dari masing masing angkatan mulai dari puisi berantai, paduan suara dan juga drama. Pembagian hadiah untuk kelas yang memenangkan lomba, menjadi penutup pada puncak peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020 di Asrama MTs Putra. Selain memeriahkan secara internal, Komplek Asrama MTs Ali Maksum Putra juga mengikuti lomba video HSN yang diadakan oleh PWNU DIY. Pada ajang lomba tersebut Asrama MTs Ali Maksum Putra melalui media sosialnya yaitu @asramamtskrapyak  berhasil meraih juara ke 3.

Sementara itu, komplek asrama Madrasah Aliyah Ali Maksum Putra juga tidak kalah menarik dalam memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional tahun ini. Tanfidzi dan OSIS berkolaborasi untuk mengadakan kegiatan-kegiatan untuk memeriahkan Hari Santri Nasional tahun ini. Teman-teman tanfidzi mengadakan berbagai lomba di antaranya voli air, pukul air, sepak bola sarung, drivting air, kursi goyang dan estafet air. Santri tingkat Aliyah ini terlihat sangat antusias dalam memeriahkan acara ini. Halaman depan Asrama Sakan hingga lantai 3 Asrama Sultan Agung dipenuhi dengan santri Aliyah Putra yang menonoton setiap perlombaan.

Selain itu, teman-teman OSIS Madrasah Aliyah juga mengadakan acara Bulan Bahasa bertemakan “Hari Santri”. Dalam acara tersebut, diadakan lomba cipta cerpen, puisi dan kutipan dalam tiga bahasa. Acara puncak peringatan Hari Santri Nasional Asrama Aliyah Putra akan diadakan pada tanggal 29 Oktober 2020 bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. (Nahika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *