Ramaikan Pra Acara Hari Santri Nasional, Yayasan Ali Maksum Adakan Lomba Menghias Tumpeng

Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum  adakan lomba menghias tumpeng dalam rangkaian acara menuju hari santri nasional tahun 2022. Jumat (14/10/2022). Sama halnya dengan peringatan hari santri tahun 2019 sebelum pandemi, kali ini Pondok Pesantren Krapyak kembali menggelar lomba menghias tumpeng untuk pertama kalinya setelah masa pandemi berakhir.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri Yayasan Ali Maksum, baik putra maupun putri dari berbagai komplek ; Komplek MA/MTs Putra yang terdiri dari 8 tim delegasi, Komplek MA/ MTs Putri yang terdiri dari 8 tim delegasi, Komplek H, Komplek Taman Santri, Komplek Hindun-Beta, Komplek Gedung Putih hingga Komplek Ndalem Dongkelan.

Setiap Tim yang berisikan 4 orang delegasi diberi waktu 30 menit untuk menghias tumpeng yang disediakan oleh panitia dan mempresentasikan filosofinya di hadapan ibu Nyai Nur Hasanah dan ibu Nyai Diana Jirjis Ali sebagai juri.

“Awal mulanya kegiatan ini akan dimulai pukul 08.30 pagi namun karena ada kemoloran waktu di tempat pembelian tumpeng, akhirnya kegiatan lomba jadi ikut molor. Kebetulan  hujan juga, akhirya lomba kurang terkondisikan sampai harus  pindah tempat” Ujar mbak Annysa Kusuma, penanggung jawab acara menghias tumpeng.

Walaupun terdapat kendala seperti yang telah disebutkan di atas, acara ini tetap terlaksana dengan meriah karena dihadiri juga oleh para supporter dari masing-masing tim. Acara yang awalnya dilaksanakan di depan halaman asrama Sakan Thulab ini terpaksa dipindahkan pada pertengahan tahap presentasi ke dalam mushola asrama Sakan Thulab karena cuaca di luar yang tidak memungkinkan. Sayangnya, setelah dipindahkan ke dalam ruangan, para supporter dilarang masuk untuk melihat prsentasi filosofi oleh tiap peserta.

“Sebenarnya sedikit kecewa, karena acara terpaksa dipindahkan ke dalam ruangan, jadi aku nggak bisa ikut jadi tim hore. Tapi nggak papa rasanya masih seru karena tadi sempat gereget dan asik melihat teman-teman waktu menghias tumpeng yang cuma dikasi waktu 30 menit” Ucap Nysrina Lintang selaku supporter dari tim delegasi kelas XI Aliyah.

Disamping kendala-kendala yang ada, para peserta dan supporter sangat antusias untuk mengikuti lomba menghias tumpeng yang sudah lama sekali tidak pernah diadakan semenjak pandemi tahun-tahun kemarin. Hasil dari menghias tumpeng ini pun tetap diberikan kepada peserta dan supporter untuk dimakan bersama agar tetap terjalin kekeluargaannya.

 

 

 

Pewarta               : Clara

Editor                    : Meyreza DS

Fotografer          : Galith A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *