Kunjungan Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Dharmasraya (MP3D) di Pondok Pesantren Krapyak

Pondok Pesantren Krapyak kedatangan tamu Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Dharmasraya(MP3D) pada Sabtu, 22 Februari 2020. MP3D merupakan organisasi perkumpulan pimpinan pondok pesantren yang ada di kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Acara ini disambut hangat dan dibuka oleh KH. Nilzam Yahya, selaku perwakilan pengasuh dan tuan rumah.

Dalam sambutannya, Kiai Nilzam memaparkan sekilas profil pondok pesantren krapyak serta kegiatan dan lingkungan yang ada di dalamnya. Kiai Nilzam juga memperkenalkan karya masterpiece, yaitu Kitab Shorof Krapyak karya KH. Ali Maksum dan Kamus Al Munawwir karya KH. Warson Munawwir yang digunakan dalam pembelajaran santri di Pondok Krapyak.

“Pondok Krapyak merupakan pondok pesantren yang berbasis ramah lingkungan, bisa dilihat dari lingkungan pondok yang menyatu dengan masyarakat sekitar dan tanpa gerbang,” guyonan Kiai Nilzam. “Dinamakan pondok pesantren krapyak karena berada di dukuh Krapyak,” lanjutnya.

Di akhir sambutan, Kiai Nilzam menekankan kembali bahwa pengasuh pondok pesantren harus memiliki visi misi yang istiqomah dalam mengajarkan nilai-nilai kearifan islam, cinta NKRI dan bisa mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum. Semua itu Allahuyarham KH. Ali Maksum meringkasnya, bahwa sebagai pengasuh pondok pesantren harus memiliki tiga ciri, Ilmul ‘ulama, Hikmatul Hukama’ dan siyasatul muluk.

Setelah sambutan dari Pondok Krapyak, sambutan dilanjutkan oleh ketua rombongan MP3D KH. Chozien Adnan, beliau mengungkapkan bahwa kondisi pondok pesantren di luar jawa khususnya di kabupaten Dharmasraya tentu belum sebaik pondok-pondok pesantren di daerah Jawa dari segi keilmuan maupun lingkunganya. Kiai Chozien mewakili rombongan menyampaikan, adanya studi banding di Pondok Krapyak ini dapat mempererat silaturahmi antar pengasuh pondok pesantren serta menambah wawasan keilmuan baru dan mendapatkan berkah dari masayih krapyak dalam mengembangkan lembaga pendidikan islam di Dharmasraya khususnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan doa yang dipimpin oleh KH Nilzam Yahya, setelah itu rombongan MP3D diperkenankan untuk berkeliling di sekitar Pondok Pesantren Krapyak.
(Eli)

About admin