Seleksi Gelombang Pertama Pendaftaran Santri Baru 2020

Pada 25-26 Januari 2020 telah berlangsung tes seleksi penerimaan santri baru MTs-MA Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak. Sebelum melangsungkan tes seleksi gelombang pertama ini, calon santri dipastikan telah melakukan pendaftaran online pada 4-20 Januari 2020 melalui website www.pendaftaran.krapyak.org

Adapun tes seleksi masuk untuk santri MTs yaitu Baca Tulis Al Quran, Tes Potensi Akademik, dan Wawancara. Untuk tes santri MA yaitu Baca Tulis Al Quran, Tes Potensi Akademik, Wawancara, dan Tes Tulis Bahasa Arab. Tim penyeleksi terdiri dari para asatidz Pondok Pesantren Krapyak.

Seleksi gelombang pertama yang berlangsung selama dua hari ini cukup padat. Jumlah calon santri yang mendaftar pada gelombang pertama terhitung sebanyak 614 calon santri. Pendaftar MTs terdapat 206 putra dan 199 putri, untuk pendaftar MA terdapat 89 putra dan 120 putri. Calon santri yang mendaftar berasal dari berbagai daerah, baik dari DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Bali, Sumatera, dan daerah-daerah lainnya.

Wali santri terlihat sangat antusias mengantar dan menemani putra-putrinya melaksanakan tes seleksi masuk MTs-MA. Menurut Ahmad Shofani, salah satu wali santri yang berasal dari Tegal, ia mengaku takjub dan sangat mengapresiasi sistem pendaftaran santri baru untuk tes masuk pondok saat ini yang jauh lebih maju, dibandingkan pada zaman dahulu.

Berbeda dengan mekanisme tahun lalu- seleksi dilaksanakan dua gelombang, per gelombang dilaksanakan selama satu minggu- pada tahun ini seleksi dipadatkan menjadi dua hari per gelombangnya.

Penerimaan santri baru untuk gelombang pertama akan diumumkan pada 4 Februari 2020, kemudian jadwal daftar ulang diagendakan pada 4-11 Februari 2020.

Pendaftaran santri baru untuk MTs-MA Ali Maksum akan dilanjutkan gelombang 2 pada 22-23 Februari mendatang, dengan melakukan pendaftaran online terlebih dahulu pada 27 Januari-18 Februari 2020.

About admin