Purnasiswa MA Ali Maksum

Bantul (4/6/2013), krapyak.org. Setelah dinyatakan lulus 100 %, sudah menjadi tradisi di Yayasan Ali Maksum menggelar purnasiswa untuk santri kelas XII. Purnasiswa digelar pada Ahad, (2/6/2013) di Gedung Baru Yayasan Ali Maksum. Seluruh santri yang di wisuda purnasiswa di arak dengan alunan sholawat dari Pondok Krapyak ke lokasi Purnasiswa. Hadir dalam acara tersebut, kelurga besar Pondok,jajaran guru dan tentu saja orang tua wali dan santri yang akan diwisuda purnasiswa/tamat belajar di MA Ali Maksum.

Usai lantunan kalam Ilahi dan koor Mars MA Ali Maksum, acara dilanjutkan dengan laporan Panitia Ujian yang menjelaskan bahwa tahun ini MA Ali Maksum meluluskan 176 santri dengan rincian masing-masing 41 santri pada program IPA, 80 santri pada program IPS, dan 55 santri program Ilmu Agama.

Jadikan Pondok Krapyak Rumah Kedua

“Berat rasanya kami melepas Ananda semua, karena ada yang masih belum khatam al-Qur’annya, ada yang masih belum lancar membaca kitab kuning, tapi, tiga tahun ternyata sudah berlalu, bagaimanapun, kami harus melepas kalian semua”. Ungkap KH. Hilmy Muhammad dalam sambutannya sebagai Kepala MA Ali Maksum.

“Sebagaimana dulu ketika Bapak-Ibu memasrahkan anaknya kepada kami (para pengasuh) untuk di didik, secara resmi pula hari ini kami kembalikan. Meski Ananda sudah lulus, apapun yang namanya Pondok Krapyak ini merupakan tempat kalian hidup dan menntut ilmu, maka jadikanlah Pondok ini sebagai your second home, rumah kedua Ananda semua”, lanjut Beliau dengan isak penuh haru.

Acara menjadi sangat khidmat, ketika prosesi pelepasan dimulai, satu demi satu santri dipanggil namanya ke depan panggung untuk secara simbolik dikaungkan Samir dan diberikan ijazah mereka oleh para Pengasuh dan melakukan sesi foto bersama. Suasana menjadi semakin khidmad dan emosional, terlebih, saat dinyanyikan lagu “Guru” oleh grup vocal paduan suara MA Ali Maksum, tampak isak tangis haru dari para santri, guru dan orangtua.

Sementara itu, Pak Fakhruddin yang mewakili Kakanwil Kemenag DIY dalam kesempatan sambutannya menyampaikan sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan kegembiraan atas hasil yang diraih Siswa-siswi MA Ali Maksum, karena MA Ali Maksum sebagaimana tahun sebelumnya, juga berhasil masuk jajaran nilai tertinggi antar MA se Provinsi DIY.

“Selama saya menghadiri acara semacam ini, selalu saya mengalami dan merasakan hal yang serupa ketika memenuhi undangan purnasiswa di MA yang ada di Pesantren, dimana suasananya penuh harus sekali. Suasana yang tidak pernah saya temukan di komunitas lain. Mungkin ini karena keakraban dan jalinan silaturrahim antara murid dengan guru, pengasuh yang kuat”, ujar beliau.

Dalam kesempatan yang sama, usai sambutan pejabat Kemenag dan ikrar alumni yang dibajakan Putra-putri terbaik di setiap jurusannya, Bu Ida Rufaida yang didaulat menyampaikan amanat Pengasuh juga menyampaikan sukacita, rasa syukur dan kegembiraan yang mendalam atas hasil dari kerja keras yang selama ini diraih. Ucapan selamat juga datang dari KH. Habib Abd. Syakur mewakili Wali santri, menyampaikan terimakasih kepada segenap kelurga besar Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum; para Pengasuh, Guru, Pembimbing dan Pengurus Pondok Pesantren.

Sebelum di tutup, acara di isi dan akhiri dengan sajian tarian samanserta do’a oleh KH. Hafidh Abd. Qodir.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About humaid