Pondok Pesantren Krapyak Selenggarakan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia

hutPondok Pesantren Krapyak mengadakan upacara untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 tahun. Upacara yang dilaksanakan pada Rabu (17/08) di Lapangan SMA Ali Maksum tersebut berjalan dengan baik. Dimulai secara disiplin pada pukul 07.00 WIB, upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia menghadirkan semangat nasionalisme bagi para peserta upacara.

Upacara yang terselenggara dalam skala tahunan tersebut menjadi lebih istimewa daripada penyelenggaraan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun-tahun sebelumnya diselenggarakan di Lapangan Patmasuri dengan peserta hanya dari kalangan MTs-MA Ali Maksum, upacara kali ini diselenggarakan di Lapangan SMA Ali Maksum dengan diikuti oleh siswa-siswi MTs-MA Ali Maksum dan SMP-SMA Ali Maksum beserta dewan guru dan jajaran akademisi internal pondok pesantren.

Pemandangan yang lebih spesial pun dihadirkan bahwa protokoler upacara tersebut meniru gaya upacara di Istana Negara. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Edi Susanto, S.H.I, pelatih upacara. “Kami meniru konsep upacara di Istana Negara dengan ukuran bendera yang standar, yaitu 180 cm X 120 cm.” Tutur Pak Edi, sapaan akrabnya. “Pengibaran bendera pun kami alokasikan di urutan yang belakang, meniru upacara di sana (Istana Negara-red).” tambahnya.

Dr. Hilmy Muhammad, MA yang didapuk sebagai inspektur upacara menyampaikan amanah upacara dengan pesan yang berbobot. Salah satunya adalah menghargai jasa para pahlawan. Beliau menyampaikan bahwa para pahlawan bukan hanya mereka yang berjihad melawan penjajah untuk kemerdekaan negara dan bangsa, melainkan juga para kiai dan guru di pesantren yang memerdekakan manusia dari penjajah berupa kebodohan. (sb)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About humaid