Tekankan Kejujuran dalam Ujian dan Pembelajaran, MA Ali Maksum Terima Penghargaan Mendikbud

photoMA Ali Maksum kembali torehkan prestasi berupa penghargaan sebagai madrasah dengan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) yang tinggi pada 2015. Dalam Ujian Nasional (UN) tahun 2015, MA Ali Maksum menekankan kejujuran. Hasilnya, data analisis menyatakan bahwa MA Ali Maksum mempunyai nilai IIUN yang tinggi, yakni 83,28.

Di Kabupaten Bantul, ada 20 sekolah setingkat SMA yang menerima penghargaan tersebut. 20 sekolah tersebut terdiri atas 16 SMK, 2 SMA, dan 2 MA. Termasuk di dalamnya adalah MA Ali Maksum.

Piagam sertifikat penghargaan yang bertanda tangan Mendikbud, Anies Baswedan, tersebut menjadi simbol praktik kejujuran dalam ujian. Nilai-nilai kejujuran tersebut telah ditekankan oleh para guru. Hal itu senada dengan yang disampaikan oleh Yusman Hadzik, M.E.I selaku Waka Kurikulum & Pengajaran MA Ali Maksum, “Guru-guru di sini menekankan agar para peserta didik bersikap jujur ketika mengerjakan ujian, baik ujian yang berupa ulangan harian, semesteran, maupun ujian nasional bagi kelas XII.”

Tidak mengherankan jika MA Ali Maksum menerima penghargaan sebagai madrasah dengan indeks integritas UN tinggi, pasalnya nilai-nilai kejujuran telah ditekankan sejak awal. “Penekanan tentang kejujuran ini telah ditekankan oleh para guru dalam setiap ujian sehingga peserta didik sudah terbiasa dengan mengerjakan ujian secara bersih.” papar Drs. M. Marwan, Waka Kesiswaan MA Ali Maksum.

Penghargaan tersebut menjadi salah satu penghargaan penting bagi MA Ali Maksum dan senada dengan visinya yang berbunyi “Berilmu, beradab, dan berprestasi”. Selain itu, penghargaan tersebut juga menjadi bukti bahwa madrasah yang berada di bawah naungan PP. Krapyak Yayasan Ali Maksum itu mampu memberikan tidak hanya kecerdasan intelektual tetapi juga moral-spiritual kepada para peserta didik.(sb)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About humaid