Siswi MA Ali Maksum Sabet Juara I Musabaqah Kitab Kuning Se-DIY

photo
Siswi Madrasah Aliyah Ali Maksum berhasil meraih gelar juara pertama dalam ajang Musabaqah Kitab Kuning. Musabaqah yang memperlombakan kitab Ihya Ulum Al-Diin karya Imam Al-Ghazali diikuti oleh para santri pondok pesantren se-DIY. Acara tersebut diselenggarakan di PP. Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta pada Sabtu (02/04) oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tercatat dari 60 peserta yang mengikuti musabaqah, 32 peserta adalah santri putra dan 28 peserta adalah santri putri. Musabaqah yang dibagi dalam dua kelompok (putra dan putri) tersebut terpilih enam santri (3 putra dan 3 putri) sebagai juara. Dari kelompok putri, PP. Krapyak Yayasan Ali Maksum Yogyakarta berhasil menyabet juara I atas nama Nur Azka Inayatussahara dan juara III atas nama Surga Nadiyya Assiluma Nisfiya Akalili Nitaqoin.

Mengetahui dirinya menjadi juara I, Azka (sapaan akrabnya) mengaku kaget. “Tidak menyangka saya bisa juara, karena pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri begitu susah. Saya berharap, semoga ke depannya saya diberikan kelancaran untuk maju ke tahap berikutnya.” ujar Azka.

Azka juga senang atas prestasi tersebut. Selain itu, dia mendukung penuh dengan diselenggarakannya musabaqah tersebut. “Musabaqah seperti ini sangat mengapresiasi santri selain juga sebagai ajang silaturahmi antarsantri di berbagai pesantren. Musabaqah ini menjadi motivasi bagi para santri untuk giat dalam mempelajari kitab kuning.” timpalnya.

Musabaqah Kitab Kuning tersebut merupakan agenda PKB yang rencananya akan diadakan rutin setiap tahun. Musabaqah yang merupakan babak penyisihan di tingkat Provinsi DIY ini memilih juara I dan juara II putra-putri untuk diikutsertakan pada babak final yang rencananya akan diadakan pada 12 April 2016 di Jakarta. (sb)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About humaid