Peduli Terhadap Sesama, OSIS Putri MA Ali Maksum Lakukan Bakti Sosial

Organisasi Intra Sekolah (OSIS) putri MA Ali Maksum mengadakan kegiatan bakti sosial di Dn. Ngreco, Ds. Seloharjo, Kec. Pundang, Kab. Bantul. Kegiatan yang merupakan agenda OSIS tersebut terlaksana selama dua hari (28-29/11) dengan lancar. Kegiatan yang melibatkan para santri putri sebanyak 36 orang tersebut berjalan meriah dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat Ngreco.

Kegiatan tersebut dimulai dengan kedatangan para santri putri OSIS MA Ali Maksum di Ngreco pada siang menjelang sore (28/11). Masyarakat Ngreco langsung menyambut dengan melakukan ramah tamah. Setelah itu, para santri segera mempersiapkan segala hal untuk memulai acara.

Kegiatan tersebut dibuka dengan alunan musik hadroh beserta keindahan shalawat yang terlantun di atas panggung yang telah dipersiapkan di rumah kepala Dukuh setempat selepas salat Isya. Setelah itu, barulah diadakan pengajian yang diisi oleh Bpk. Taufiq Damisi, dai yang sekaligus menjadi salah satu guru di MA Ali Maksum. Pengajian pun berlangsung lancar dan masyarakat Ngreco yang hadir merasa senang dengan isi pengajian yang disampaikan.

Pada hari kedua yang bertepatan dengan hari Ahad (29/11), para santri putri langsung bahu-membahu dalam kekompakan menyiapkan agenda berikutnya. Agenda tersebut dimulai dengan mengadakan berbagai lomba bagi anak-anak di Ngreco. Mulai dari lomba hafalan doa-doa sehari-hari hingga lomba azan, terlihat banyak anak yang sangat antusias mengikutinya.

Setelah acara perlombaan, agenda yang selanjutnya adalah pembagian sembako dari para santri putri MA Ali Maksum kepada masyarakat Ngreco. Terlihat masyarakat begitu semringah ketika melihat para santri membagi-bagikan sembako sehingga masyarakat merasa terbantu.

Tidak lama kemudian, agenda pun dilanjutkan dengan bazar perlengkapan sekolah bagi anak-anak dan bazar perlengkapan rumah tangga. Masyarakat kembali antusias dalam menyambutnya karena mereka merasa terbantu dengan adanya bazar tersebut.

Hingga azan Zuhur berkumandang, perlengkapan sekolah dan rumah tangga pun habis. Kegiatan berhenti sejenak untuk beristirahat dan salat Zuhur. Tidak lama kemudian, agenda pun dilanjutkan dengan bazar pakaian. Pakaian yang dijual dengan harga mulai dari Rp 1.000,- hingga Rp 5.000,- pun dikerumuni oleh masyarakat dengan begitu ramai.

Hingga pakaian habis, maka selesailah agenda bakti sosial yang diadakan oleh OSIS putri MA Ali Maksum tersebut. Kegiatan tersebut bisa dibilang berhasil dan lancar mengingat acara demi acara bisa dilalui dengan baik hingga para santri putri berpamitan dan pulang ke pesantren pada pukul 16.00.

Sambutan hangat pun dilontarkan oleh kepala Dukuh Ngreco. Beliau sangat senang dengan diadakannya kegiatan bakti sosial tersebut. “Kami sebagai warga Ngreco sangat senang dengan adanya bakti sosial ini. Mulai dari pengajian yang disampaikan oleh penceramah yang baik hingga bazar pakaian murah, masyarakat sangat antusias menyambutnya. Jika bisa, acara seperti ini diadakan lagi di sini.” komentar Pak Sakijo, kepala Dukuh Ngreco, sambil tertawa.

Ketua panitia kegiatan bakti sosial, Novita Aimi Bonita, pun merasa bangga atas kelancaran kegiatan tersebut. Hal itu membuat para santri sadar akan nilai-nilai sosial. “Kegiatan ini menyadarkan kami untuk bersosial. Selain untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama, kegiatan bakti sosial ini juga menjadi praktik dari pelajaran yang kami terima di madrasah dan pesantren. Dengan begini, kami bisa terjun langsung ke masyarakat.” kata Novita.

Tidak ketinggalan, ketua OSIS putri MA Ali Maksum, Ainuni Fetica, yang turut dalam kegiatan bakti sosial tersebut juga merasa senang bahwa programnya bisa terealisasi. “Dengan program kegiatan bakti sosial ini, kami bisa terjun langsung ke masyarakat sehingga bertambahlah rasa kepedulian kami terhadap sesama.” ujar Ainuni.

Rombongan pun sampai di pesantren sekitar pukul 17.00. Meskipun lelah mereka rasakan, tetapi tersirat jelas di wajah-wajah mereka rasa puas dan bahagia. (sb)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About humaid