Menteri Agama RI Hadiri Haul al-Maghfurlah KH Ali Maksum ke-26 di Ponpes Krapyak

Menteri Agama RI H Lukman Hakim Saefudin menghadiri Haul KH Ali Maksum ke-26 di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, Sabtu (28/2) malam. Ribuan santri dan alumni juga tampak memadati kegiatan ini.

Pengajian disampaikan KH Maemun Zubair dari Rembang. Sebelum acara mulai, diisi kesenian hadrah Islami dengan iringan musik rebana.

H Lukman Hakim Saefudin mengatakan, banyaknya ribuan jemaah menghadiri acara Haul menjadi bukti, peninggalan mendiang KH Ali Maksum sangat dirindukan umat. Karena semasa hidupnya, tidak sebatas ilmu keagamaan diajarkan kepada santrinya. Namun ilmu secara umum tentang kehidupan ini selalu diberikan untuk bekal mengarungi dunia.

“Banyak pelajaran tentang hidup yang bijak diberikan oleh KH Ali Maksum semasa hidupnya kepada santrinya,” ujar Lukman.

Selain itu kata Lukman, dalam pengajarannya, salah satu pendiri Ponpes Krapyak ini juga sangat memperhatikan rasa kemanusian. Sehingga semasa hidupnya, KH Ali Maksum sangat hafal dengan nama-nama santrinya. Hal itu menjadi modal utama untuk memudahkan dalam pengajaran tentang keagamaan dan ilmu secara umum.

Panitia Haul Zaky M Hasbullah mengatakan, rangkaian kegiatan diantaranya, majlis dzikir dan salawat. Termasuk temu almuni yang dilakukan sejak Jumat dan Sabtu. Sedang Sabtu (29/2) sore dilanjutkan dengan ziarah maqbaroh atau ke makam keluarga.

Dalam Haul juga dibacakan riwayat singkat KH Ali Maksum yang disampaikan KH Haidar Idris dari Wonosobo. Sementara sambutan perwakilan keluarga disampaikan, KH Rosyidi Mustofa. (sumber: KR).

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About humaid