Membanggakan:11 Santri Terbaik Wakili DIY di Ajang MQK Nasional di Jambi

Bantul, krapyak.org (21/5/2014). Berita menggembirakan dan prestasi mengharumkan kembali dicapai oleh santri-santri Yaysan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Sebelas (11) santri dipastikan mewakili Provinsi DI. Yogyakarta dalam event Musabaqoh Qirotul Kutub (MQK). Event santri pondok pesantren (PP) berskala nasional yang kelima ini rencananya akan dilaksanakan di Provinsi Jambi. Sampai dengan saat ini, MQK dipandang sebagai kegiatan yang strategis dalam meningkatkan mutu tafaqquh fiddin di pondok pesantren, makanya digelar secara kontinyu.

Setidaknya, Tercatat gelaran MQK telah dilaksanakan selama empat kali. MQK I digelar di PP. Al Falah Bandung tahun 2004,penyelenggaraan MQK ke 2 di PP. Lirboyo Kediri, Jawa Timur Tahun 2006. Pesantren Al-Falah Banjarbaru Kalimantan Selatan didaulat sebagai tuan rumah MQK ke 3 tahun 2008, sedangkan MQK ke-4 digelar di PP. Nahdlatul Wathan Pancor NTB tahun 2011. Sedangkan MQK ke 5 akan di gelar di Provinsi Jambi tepatnya di PP. As`ad Tebo Jambi. Event ini merupakan wahana kompetisi para santri terkait kemahiran mereka dalam membaca, memahami, dan menjelaskan kandungan kitab kuning (al-kutub al-turats) sebagai tradisi keilmuan pada pondok pesantren di Indonesia.

Adapun sebelas nama santri Krapyak yang menjadi delegasi lomba MQK di ajang bergengsi tersebut adalah:

1. M. Ikhlasul Amal, VII MTs, untuk bidang Akhlaq ( Kitab Ta’lim al-Muta’allim).
2. M. Luqman Chakim, untuk bidang Fiqih Ulya (Fath al-Mu’in), M. Arif Arafat untuk bidang Fiqih Ulya wustha (Fath al-Qarib al-Mujib) Afra Hikmatul Maulida, untuk bidang Fiqih ula (Sullam al-Taufiq).
3. A. Rikza, untuk bidang Ushul Fiqh Ulya (Ghayatul Wushul).
4. Sofwatun Nada, untuk bidang Hadits Ulya (Syarh Shahih Muslim); Nur Azka Inayah dan Nur Syahrus Sya’bana, untuk bidang Hadits Wustha (Subul al-Salam).
5. Hamidatul Hasanah, , untuk bidang Balaghoh Ulya (‘Uqud al-Juman).
6. Ibnu Hajar Askolani dan Ayyun Anniqo Rizqyana, untuk bidang Tarikh Ulya.

Kesebelas santri ini, bersama-sama delegasi dari Pondok lain (PP. Al-Imdad Bantul, PP. Ar-Risalah Mlangi, PP. Luqmaniyah, PP. Darul Qur’an wal Irsyad Wonosari, PP. Al-Fathimiyah Tempel) akan berlaga dalam ajang MQK V di Jambi mengharumkan nama Provinsi D.I. Yogyakarta.

Rencananya, selain prlombaan MQK berbagai kegiatan MQK V telah dirancang untuk memeriahkan acara tersebut, diantaranya Musyawarah Besar MQK, Konvensi Nasional Pengembangan Pendidikan Pesantren (National convence on pesantren education development) dengan tiga kegiatan adalah (1) Seminar/kajian-kajian ilmiah tentang pesantren; (2) Halaqah Pimpinan Pesantren, (3) Expose hasil penelitian tentang pesantren, dan (4) Bedah buku tentang pesantren. Ketiga, Pameran dan Bazar Khazanah Pengetahuan, Seni dan Budaya dan Produk Pondok Pesantren; Kelima, Panggung Apresiasi Seni Pondok Pesantren.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About humaid