MA Ali Maksum Laksanakan Akreditasi

Bantul, (22/10/2013) krapyak.org. Sebagai salah satu lembaga pendidikan terkemuka berbasis pesantren di DIY, MA Ali Maksum terus berupaya berbenah dan berkembang. Dengan slogan berakhlak, berilmu dan berprestasi, MA Ali Maksum sadar benar bahwa tantangan pendidikan sangat kompleks di masa mendatang. Untuk itu, sebagaimana lembaga pendidikan lainnya, MA Ali Maksum belum lama ini laksanakan akreditasi pada tanggal 19 dan 21 Oktober.

Akreditasi merupakan kegiatan penilaian (assessment) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Adapaun manfaat akreditasi diantaranya adalah memberikan informasi tentang kelayakan sekolah/madrasah atau program yang dilaksanakannya berdasarkan SNP; memberikan pengakuan peringkat kelayakan; dan memberikan rekomendasi tentang penjaminan mutu pendidikan kepada program dan/atau satuan pendidikan yang diakreditasi dan pihak terkait.

Edi Mahrus; Ketua Tim Akreditasi saat diwawancarai krapyak.org menjelaskan, setidaknya ada delapan standar penilaian akreditasi yang akan dinilai oleh aksesor. Pertama, standar isi, kedua, standar proses, ketiga standar kompetensi lulusan (SKL). Keempat, standar pendidik dan tenaga kependidikan, kelima, standar sarana prasarana. Keenam, standar pengelolaan. Ketujuh, standar pembiayaan dan kedelapan, standar penilaian pendidikan.

Penilaian akreditasi MA Ali Maksum tahun ini dipimpin oleh Bpk H. Sudianto dan Ibu Hj. Siti Asmonah dari DISDIKPORA Provinsi DIY. Mereka secara langsung ditemui oleh Dr. H. Hilmy Muhammad, MA; Kepala MA Ali MAksum bersama H. Zaky Muhammad, Lc (Wakil Kepala Bidang Kurikulum), Ridwanul Musthofa, S.Pd.I (Wakil Kepala Bidang Pengajaran), Alfian Faridy, S.Pd (Wakil Kepala Bidang Kesiswaan), Drs. Fadholi Yasin (Wakil Kepala Saraqna Prasara dan Humas) dan Edi Mahrus, S.E (Kepala BAgian Tata Usaha), serta tim lainnya yang terdiri dari guru-guru dan staff MA Ali Maksum.

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar berkat dukungan semua pihak. Pelaksanaan berjalan sukses karena kekompakan masing-masing tim. Tanpa kekompakan tim, tentu target tidak bisa dicapai. Saya sangat berterimakasih kepada semua siviats akademika yang turut menyuskeskan akreditasi kali ini. Semua persiapan yang sudah dilakukan jauh-jauh hari rasa-rasanya terbayar hari ini.” jelasnya.

“Sebagaimana pengalaman-pengalaman sebelumnya, kami sangat mengapresiasi akreditasi. Bagi kami, akreditasi tidak harus dijadikan momok bagi penyelenggara pendidikan, justru harus dijadikan momentum untuk menilai dan mengevaluasi.” lanjut ketua Tim Akreditasi MA ini penuh antusias.

“Target kami 94, 23. Doakan semoga hasil maksimal bisa diperoleh” ujar Edi Mahrus optimistik.

Sebagaimana hasil akreditasi sebelumnya, 4 tahun lalu dimana MA Ali Maksum memperoleh great “A”, pada penilaiannya, tahun inipun tim menargetkan hasil serupa.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About humaid