Khidmat Maulid Nabi SAW: Santri Krapyak Gelar Sholawatan bersama Jamaah bil-Musthofa

Bantul (27/1/2013) krapyak.org; Rabu sore, seusai jamaah maghrib, halaman Pondok Pesantren Krapyak dipenuhi oleh kerumunan santri yang duduk bersila dengan dominasi warna putih-putih. Malam itu, seluruh santri Krapyak berkumpul bersama jamaah ndibaiyyah bil-Musthofa pimpinan Gus Rifqi Ali atau biasa akrab disapa Gus Kelik dalam rangka memperingati kelahiran pemimpin ummat dan manusia teragung, baginda Nabi besar Muhammad SAW. Acara sholawatan malam kamis ini menjadi cukup spesail karena diselenggarakan bersama para santri. Lantunan sholawat sahut menyahut dengan koor para santri dan jamaah diiringi tabuhan terbang. Usai acara sholawatan, acara dilanjutkan dengan tahlil, sambutan atas nama keluarga oleh Nyai Hj. Ida Rufaida, dan ditutup dengan mauidhoh hasanah oleh KH. DR. Habib A Syakur.

dalam salah satu uraian ceramahnya, KH. Habib Syakur menyampaikan bahwa “Nabi adalah manusia mulya, kita bersyukur, karena adanya bumi dan segala isinya ini diciptakan oleh Allah karena cintanya kepada kekasihnya, kanjeng NAbi Muhammad SAW”. “… karenanya, ada banyak refleksi kerinduan dan kecintaan yang diungkapkan lewat madhih dan qoshidah, diantaranya seperti yang baru saja kita dendangkan bersama-sama, sholawat Dhiba’, selain tentu saja ada puluhan bahkan ratusan sholawat dan pujian lainnya semisal qoshidah burdah, barzanji, simtud-duror, dhiyaul lami’ dan sebagainya” lanjut beliau.

“dan, alhamdulillah, acara sholawatan Gus Kelik, rutinan malam kamis ini sampai detik ini masih berlangsung, bahkan semakin bertambah semarak, yang dulunya hanya bebrapa orang saja”. tutur beliau.

Maulid Nabi di Halaman Mesjid Krapyak

Malam jum’at, kembali seluruh santri dari berbagai komplek Pondok pesantren Al-Munawwir dan Yayasan Ali Maksum tumpah ruah berkumpul dhalaman masjid Krapyak. Acara yang diselenggarakan oleh Dzurriyah KH. Moenawwir ini berlangsung khidmad dan lancar meski meski cuaca diguyur gerimis hujan. Acara di buka oleh KH. Fairuzi Afiq, doa oleh KH. Najib Abdul Qodir dan sambutan keluarga oleh KH. Hafidh A. Qodir. Turut pula serta dalam acara tersebut KH. Afif Muhammad, KH. Zaky Muhammad, KH. Muhtarom Busyro dan beberapa pengasuh lainnya. Acara di tutup dengan makan nasi kebuli bersama.

Selain menggelar sholawat, dalam rangka memeriahkan semarak Maulid Nabi, pengurus tanfidzi asrama Sakan Thullab juga menggelar lomba bertajuk Maulid Games. Lomba meliputi tarik tambang, sepakbola, tenis meja, hingga lomba baca asmaul husna, buka kamus, CCA, pidato 4 bahasa dan tulis artikel dengan tema biografi Nabi SAW.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About humaid