Pelantikan Pengurus Baru Osis Mts dan Tanfidzi Sakan Thullab

Bantul (7/1/2013), Krapyak.org. Sebanyak 49 santri yang terpilih sebagai calon dewan tanfidz asrama Sakan Thullab telah dilantik dan resmi menjadi pengurus tanfidz asrama Sakan Thullab masa khidmat 2013-2014. Acara pelantikan tersebut dilaksanakna pada hari kamis (7/01) malam jum’at kliwon lalu, bertempat di Aula Gedung Madrasah Aliyah Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Pengurus Tanfidzi merupakan organisasi semacam OSIS/ Hai’atut Tholabah di Madrasah, hanya saja wilayah kerja organisasi ini difokuskan pada kegiatan di asrama.

Acara pelantikan tersebut diawali dengan acara sholawat diba’an yang dibawakan oleh group hadroh yang berupa santri gabungan dari kelas i’dadiyah sampai kelas XII. Sholawatan tersebut secara antusias diikuti oleh para undangan, mulai dari para santri, alumni, pembimbing dan pengasuh. Semua undangan larut dalam alunan sholawat yang dilantunkan oleh Grup Hadroh Asrama Sakan Thullab. Kegiatan tersebut ditutup dengan do’a oleh KH Zaky Muhammad Hasbullah.
Pelantikan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena master of ceremony (MC) yang membawakan acara ini saling bersahutan dengan empat macam bahasa, yaitu Arab, Inggris, Indonesia dan Jawa. Acara dilanjutkan dengan bai’at dewan tanfidz baru. Para dewan tanfidz dengan tegas mengulang bai’at yang dipimpin oleh Ust. Masruchin. Lalu, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, mulai dari ketua panitia acara pelantikan, ketua demisioner- Luqman Chakim, ketua Tanfidz baru dan ketua Asrama Sakan Thullab- H. Nashih Muhammad. Setelah sambutan berakhir, dilanjutkan dengan acara “Mau’idhoh Hasanah” oleh KH. Zaky Muhammad, Beliau menekankan dalam mau’idhohnya, bahwa semuanya harus diniati ibadah dan bukan tugas semata, dengan begitu, kekontinuitasan dan kekokohan dalam segala hal dapat tercapai. Acara pelantikan tersebut diakhiri dengan acara do’a oleh Bapak Ahmad Fauzan yang kehadiran beliau pada malam itu dianggap turut memberi dorongan dan motivasi untuk para dewan tanfidz baru.

Sementara itu, di kesempatan dan waktu yang berbeda, OSIS MTs Ali Maksum juga baru saja melakukan pergantian kepengurusan. Nahkoda baru meneruskan tradisi dipimpin oleh santri kelas VIII. secara khusus, Kepala MTs, KH. Fairuzi Afiq Dalhar yang melantik para pengurus. OSIS merupakan wadah yang positif untuk melatih semangat para santri berorganisasi, melatih kerja profesioanl dan amanah. (az)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About humaid