Ujian Semester Gasal MTs-MA Ali Maksum

Bantul, krapyak.org; (12/12/2012) Terhitung sejak tanggal 1 Desember 2012, para santri akan disibukkan dengan aktivitas Ujian Semester Gasal 2012. Ujian akan dilaksanakan selama 2 minggu ini (1-15 Desember) meliputi mata pelajaran umum kepesantrenan, beberapa mata pelajaran pun diujikan secara lisan dan praktek, seperti mata pelajaran muatan lokal, mumarosah, conversation, dan lain sebagainya.

Sebagaimana sekolah pada umumnya, ujian yang kebetulan secara serentak dilaksanakan oleh MTs dan MA Ali Maksum tidak hanya menilai secara kuantitatif pemahaman belajar siswa/siswi, tetapi juga secara keseluruhan mengevaluasi sejauh mana perkembangan belajar siswa/siswi selama satu semester.

Sebelumnya, asrama putra Sakan Thullab juga berhasil mengagendakan evaluasi belajar santri untuk kegiatan keasramaan. Evaluasi yang dilakukan secara rutin percaturwulan ini meliputi pengajian Qur’an, bandongan kitab regular (Tafsir Jalalain, Al-Adzkar, Irsyadul Ibad) dan Bandongan kitab asrama (Diba’ dan Minhajul Qowim) sorogan, program kegiatan kebahasaan (bahasa Arab dan Inggris) dan juga perkembangan prestasi dan aktivitas keseharian santri. Sebagaimana di Madrasah yang memiliki buku raport sebagai tolak ukur kemampuan santri, evaluasi asrama juga memiliki buku catatan laporan perkembangan belajar santri. Diharapkan, dengan adanya evaluasi tersebut, tahap demii tahap perkembangan belaja santri bisa dipantau, tidak hanya oleh Pengasuh dan pengurus pondok, tetapi juga oleh orang tua wali santri.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About humaid