Peringati Ied Adha, Ponpes Krapyak Gelar Sembelih Kurban dan Sholawat Bersama

Bantul, krapyak.org; Dalam rangka menghadirkan kemeriahan Ied Adha 1433 H, selain menggelar sembelih qurban di halaman Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum, juga menggelar sholawat bersama. Tahun ini Keluarga Besar Pondok Krapyak setidaknya menyembelih 6 ekor sapi dan 7 kambing untuk di kurbankan. Turut juga di antaranya jamaah ndibaiyyah bil-Musthofa pimpinanan KH. Rifqi Ali yang juga berkurban di Pondok ini. Berbondong-bondong segenap santri, jamaah sholawat dan para asatidz bahu-membahu menyukseskan prosesi ibadah kurban mulai dari penyembelihan hingga proses distribusi daging kurban.

Sementara itu, pada Senin (30/10/2012) malam ba’da isya waktu setempat, di Halaman Pondok Pesantren juga digelar sholawat bersama para pengasuh asatidz dan segenap santri. Acara sholawat bersama ini selain sebagai bagian dari puncak PHBI Ied Adha, juga menandai dimulainya kembali aktivitas belajar mengajar dan pengajian di Pondok Pesantren Krapyak setelah libur selama tiga hari lamanya.

Acara sholawatan berlangsung khidmad dibuka oleh KH. Zaki Muhammad dan di tutup dengan doa oleh Kepala Madrasah, KH. Hilmy Muhammad. KH. Afif Muhammad dalam pidato sambutannya selaku Ketua Yayasan memaparkan secara singkat ihwal ritual ibadah haji dan hikmah di balik pelaksanaan ibadah kurban di bulan Haji.

“Dari 3 milyar jumlah penduduk bumi, ada 3 juta lebih umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah Haji di Baitullah; 240.000 di antaranya berasal dari Indonesia yang berarti di antara mereka adalah keluarga kita yang berkesempatan menjadi tamu Allah.”

Seperti biasa, acara di tutup dengan makan bersama ala santri. Satu nampan nasi di kelilingi oleh 4-5 orang santri yang melahap hidangan daging rendang dengan lahap dan tertib. Suasana kekeluargaan dalam balutan nuansa putih hadir menyapa langkit Krapyak yang mendung dengan keakraban pada malam itu, di majlis sholawat yang insya Allah barokah.

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About humaid