Santri Krapyak di Rusia: Juara Favorit di Lomba Lagu International

Ekaterinburg – Rabu, (18/5) pusat study bahasa Ural state university mendapat undangan untuk mengikuti perlombaan lagu international dari universitas Humaniora. Ilyona Istomina – salah satu dosen pusat study bahasa, memilih group enam – group dimana saya belajar, untuk mengikuti perlombaan tersebut.

Group enam terdiri dari 15 mahasiswa. Berdasarkan asal negaranya group ini bisa dibagi menjadi 3 kelompok dengan rincian; 3 dari Indonesia, 3 dari Amerika dan sisanya dari China. Setiap kelompok diminta untuk menyanyikan sebuah lagu dengan bahasa nasional masing – masing.

Mahasiswa Indonesia ( Laila Khusdinah Ulfa, Gabriel Wahyu Titi Yoga, dan saya – Muhamad Zainun Najib) memilih lagu Indonesia pusaka untuk ditampilkan dalam perlombaan tersebut.

Perlombaan dilaksanakan di kampus utama universitas Humaniora. Di jalan Zheleznorodnikov 3, Ekaterinburg. Perlombaan tahun ini diikuti oleh 10 group music dari beberapa universitas di Ekaterinburg.

Peserta dari Indonesia berhasil mendapatkan dua penghargaan, sebagai juara ketiga dan group favorite festival lagu internasional gumanitarni universitet 2011. Mahasiswa Indonesia bukan hanya baru sekali tampil menjadi duta negara.

Sejak masuk ke kafedra bahasa bulan oktober lalu mahasiswa Indonesia sudah tiga kali mendapat undangan untuk menyanyikan lagu – lagu nasional Indonesia, ketika pameran pendidikan, hari ulang tahun fakultas bahasa UrGU dan undangan dari Gumanitarni Universitet.

Kafedra Bahasa UrGU.

Kafedra, adalah istilah dalam bahasa Russia, sebutan untuk departemen yang menangani bidang tertentu dalam lembaga universitas. Jadi, ada kafedra bahasa, kafedra sosiologi, kafedra HI, kafedra filsafat dll.

Kafedra Bahasa Uralski Gosudrastvenni Universitet (Ural State University) berada di jalan Chapaeva 16, sekitar 3 kilo dari kampus utama yang berada di jalan Lenina. Selain sebagai tempat berlangsungnya perkuliahan regular, gedung ini juga sebagai pusat pendidikan bahasa Russia untuk mahasiswa asing.

Jadi, sebelum bergabung ke universitas, setiap mahasiswa asing harus melewati uji bahasa dulu dan mengikuti pendidikan bahasa selama satu tahun pelajaran.

Dalam sistem pengajarannya kafedra memilki 12 group, dalam satu group terdiri kurang lebih 15 mahasiswa asing.

 

Salam

Najib

Sverdlovsk Oblast, Russia

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About admin