‘Bengkel’ Kunci Kelulusan MA Ali Maksum Krapyak

BANTUL (KRjogja.com) – Madrasah Aliyah (MA) Ali Maksum Krapyak mempunyai berbagai strategi agar siswa-siswanya bisa lulus dengan nilai bagus. Diantaranya ‘bengkel’ untuk menservis siswa yang mata pelajaran tertentu tertinggal dan bimbingan belajar (bimbel) tiap malam.
Kepala MA Ali Maksum Drs H Asyhari Abdullah Tamrin menjelaskan, ‘bengkel’ itu untuk memperbaiki siswa yang bidang tertentu mendapatkan nilai kurang maksimal. Dengan harapan setelah diperbaiki, siswa bisa mendapatkan nilai yang baik.
“‘Bengkel’ memang menjadi salah satu penunjang kelulusan sekolah kami. Soalnya siswa yang merasa mata pelajaran tertentu ketinggalan, langsung mencari guru untuk diperbaiki,” kata Ali Maksum didampingi Waka Pengajaran Drs Shoir di kantornya, Kamis (19/5).
Tahun ini, MA Ali Maksaum hanya satu siswa yang tidak lulus dari total siswa yang berjumlah 93 siswa. Untuk jurusan Keagamaan sendiri ada 25 siswa dan ada 1 siswa yang tidak lulus atau prosentase kelulusan 96 persen, sedangkan jurusan IPA ada 38 siswa bisa lulus 100 persen dan jurusan IPS ada 30 siswa bisa lulus 100.
Hasil kelulusan tahun ini lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk kelulusan tahun ajaran 2008/2009 ada 3 siswa tidak lulus dan tahun ajaran 2009/2010 ada 4 siswa yang tidak lulus.
Dikatakan Asyhari, untuk ‘bengkel’ ini dibuka mulai pukul 14.00 WIB – 16.00 WIB. Sedangkan untuk bimbel dilakukan sehabis salat isyak hingga pukul 21.30 WIB.
“Kami tanamkan kesemua guru, setiap guru bertanggung jawab kepada siswa agar siswa itu benar-benar memahami mata pelajaran yang diajarkan. Ternyata ‘bengkel’ dan bimbel ini memang cukup efektif dalam membantu kelulusan. Bahkan kami berani bersaing dengan bimbel yang diadakan oleh lembaga bilbel di luar,” tandasnya.

Sumber: KR Cetak, Sabtu Wage 21 Mei 2011
(http://www.krjogja.com/)

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

About humaid